Sepatu Hak Tinggi Bisa Memicu Masalah Pada Pembuluh Darah

Sepatu merupakan salah satu yang ikut berperan dalam aktivitas seorang wanita dan memiliki fungsi kesehatan serta estetika. Sepatu yang baik harus memenuhi kedua fungsi itu. Dari segi kesehatan, sepatu melindungi dan menjaga kebersihan kaki serta membantu kaki menopang tubuh.

Dari segi estetika, sepatu bisa membantu penampilan.1,2 Badan Survei di Amerika Serikat mencatat 59% wanita menggunakan sepatu hak tinggi kurang lebih satu sampai delapan jam perharinya.2,3 Pemakaian sepatu hak tinggi dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah.

Menurut artikel dalam TipsSepatuWanita. com, pemakaian sepatu hak tinggi di atas lima sentimeter membuat kaki terus-menerus menjinjit. Artinya, tendon Akhiles yang berada di tumit belakang dan otot betis terus-menerus dalam keadaan tegang. Pembuluh darah tertekan, terjadi bendungan dan akhirnya mengakibatkan varises.

Varises atau varicose veins adalah pembuluh darah balik yang melebar yang berliku-liku sehingga menonjol pada permukaan kulit. Pada orang-orang tertentu pembuluh balik yang terdapat ditungkai dengan mudahnya mekar atau bengkak. Varises biasanya dapat terjadi di mana-mana, tetapi biasanya yang paling sering nampak adalah di bagian kaki karena letaknya yang rendah.

Varises menyerang orang yang biasa berdiri terlalu lama dan apalagi dengan menggunakan sepatu hak tinggi.4,5 Varises berhubungan dengan kelemahan struktural tonus otot pembuluh vena. Gejala yang paling sering timbul adalah cepat lelah, keram pada kaki dan terasa nyeri terutama saat saat berdiri lama ataupun saat aktivitas yang banyak menggunakan kaki.

Hal ini disebut sebagai claudication. Claudication berasal dari bahasa Latin "claudicare" berarti lemah. Claudication adalah rasa sakit atau cramping di bawah tungkai karena kurangnya darah mengalir ke otot. Rasa sakit yang biasanya menyebabkan orang merasa nyeri pada kaki.

Penderita varises biasanya merasakan nyeri dan keram pada kaki, terutama pada saat berdiri maupun saat beraktivitas dan nyeri berkurang jika istirahat. Nyeri ini biasa disebut sebagai claudication intermitten.6 Pemakaian sepatu hak tinggi yang sering dapat membuat tonus otot melemah sehingga pembuluh darah balik meregang menyebabkan vena kehilangan kelenturannya sehingga vena meregang dan menjadi lebih panjang dan lebih lebar.4,5 (Sumber : Tips-sepatu-wanita com, Jurnal e-Biomedik, Vol 1, No 3, November 2013)